Kabar LDK

Artikel LDK

Catatan eLDeKa

Catatan Murobbi

Katagori Pilihan

galeri LDK

» » DKM & LDK RM Adakan Kegiatan Menyambut Tahun Baru Hijriah


DKM & LDK RM Adakan Kegiatan Menyambut Tahun Baru Hijriah


“Tahun Baru Menuju Hidup yang Lebih Maju”
Begitulah tema besar yang diusung dalam kegiatam menyambut tahun baru Islam 1434 Hijriah di Universitas Galuh, Rabu (14/11).  Rangkaian kegiatan yang dikoordinir Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) dan Lembaga Dakwah Kampus Raudlatul Muttaqin (LDK RM) ini dipusatkan di Masjid Kampus Raudlatul Muttaqin. Acara diawali dengan pembacaan doa akhir tahun dan doa awal tahun yang dipimpin Ustadz Jejen. Kegiatan yang diikuti oleh berbagai elemen mahasiswa Unigal ini dilanjutkan dengan tausyiah oleh Ustadz Jejen. Beliau menjelaskan ihwal tahun baru Islam. Awal tahun Islam dinisbatkan pada peristiwa hijrah Rasulullah Saw dan para sahabat dari Kota Mekkah menuju Madinah.
Hijrah sendiri atinya perpindahan (intiqal) dari tempat (keadaan) yang buruk ke tempat (keadaan) yang lebih baik. Karenanya momentum tahun baru ini sebagai awal diri menuju pribadi yang lebih baik lagi, menjadi pribadi yang lebih berbahagia. Ustadz Jejen kemudian memaparkan 4 kiat agar kita bahagia, kiat yang dinukil dari kitab Nashoihul ibad itu adalah, pertama, dalam hal harta (duniawi) kita melihat kepada orang yang lebih rendah derajatnya dari kita, supaya tidak timbul rasa iri-dengki dan merutuki nasib. Kedua, dalam urusan akhirat/amal kebajikan kita lihat  orang yang lebih tinggi kemuliannya, agar kita termotivasi. Kiat ketiga adalah tidak mengingat-ingat, apalagi menyebut-nyebut amal kebaikan yang kita lakukan. Kiat yang terakhir, jika berbuat dosa atau maksiat segera beristigfar dan memohon ampun kepadaNya.
Para peserta kegiatan yang merupakan mahasiswa/i Unigal perwakilan dari Himpunan Mahasiswa (HIMA), Dewan Perwakilan Mahasiswa (DPM) dan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) tampak antusias mengikuti kegiatan. Terlebih, selepas tausyiah dan shalat isya acara dilanjutkan dengan pawai obor menuju Alun-alun Kota Ciamis.
Seratusan peserta tak henti-hentinya memekikkan takbir dan shalawat, mengajak warga Ciamis untuk menyambut tahun baru Islam.  Di Alun-alun para peserta mengehentikan pawai dan duduk melingkar mendengarkan orasi dan muhasabah. Orasi disampaikan ketua LDK RM, Alan Maulana. Ia menyampaikan keprihatinan atas kondisi Bangsa Indonesia dewasa ini, kemiskinan, korupsi, dan kemelut lain. Alan mengajak semua peserta untuk menekadkan diri menjadi pemuda lebih baik lagi, sehingga kelak ketika memimpin bisa menjadi pemimpin yang adil. Muhasabah disampaikan Ustadz Asep Juju. Ia menekankan pentingnya terus memuhasabahi diri, memohon ampun atas segala dosa-dosa. Ustadz Asep Juju mengajak semua peserta agar bisa memanfaatkan waktu sebaik-baiknya, mempertembal keimanan, meningkatkan amal shaleh dan saling nasihat-menasihati dalam kebaikan dan sabar.
Selepas muhasabah, setiap peserta diminta menuliskan harapannya di tahun baru ini di selembar kain yang disediakan panitia. Para peserta tampak antusias menulis cita, asa dan kata-kata mutiara, sembari tak lupa membubuhkan tanda tangan di lembar kain itu. Kegiatan ditutup dengan acara makan tumpeng dan sesi foto bersama. Para peserta pulang dengan wajah sumringah, optimis menyambut tahun baru menuju hidup lebih maju.


*PW/Humas Lembaga Dakwah Kampus Raudlatul Muttaqin Universitas Galuh

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Select Menu