Kabar LDK

Artikel LDK

Catatan eLDeKa

Catatan Murobbi

Katagori Pilihan

galeri LDK

» » Mentoring MK PAI - Ajang Pembinaan Akhlak Mahasiswa Baru


Mentoring MK PAI
Ajang Pembinaan Akhlak Mahasiswa Baru

Peserta Antusias Mengikuti Mentoring
Kamis pagi (8/11) masjid Raudlatul Muttaqin Universitas Galuh tampak ramai dengan kehadiran mahasiswa. Mereka duduk melingkar, berkelompok, masing-masing kelompok terdiri dari empat sampai lima belas orang. Ada sekitar lima kelompok mahasiwa di sana. Terdengar syahdu lantunan ayat suci dari masing-masing kelompok lingkaran. Setelah ditelusuri ternyata mereka sedang mengikuti kegiatan mentoring Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam (PAI).
Mentoring adalah sebuah kegiatan pembinaan keagamaan untuk mahasiswa baru, di dalamnya berisi kajian-kajian keislaman dan akhlak. Pelaksanaannya satu minggu sekali dengan durasi 60 menit. 60 menit tersebut dibagi  menjadi tiga sesi, sesi pertama untuk mengaji Al Quran, sesi kedua untuk penyampaian materi dan sesi terakhir untuk diskusi.  Mentoring ini merupakan bagian integral dari mata kuliah PAI dan merupakan kegiatan legal berdasarkan Surat Keputusan (SK) Rektor Universitas Galuh Nomor 0309/4123/sk/ak/R/IX/2012.
Dalam pelaksanaanya di lapangan, kegiatan ini dikoordinir oleh Badan Khusus Mentoring (BKM) yang merupakan badan khusus  di bawah Lembaga Dakwah Kampus Raudlatul Muttaqin (LDK RM).
Koordinator Dosen Mata Kuliah PAI, Endin Lidinillah M.Ag., dalam sambutannya pada acara pembukaan mentoring, Ahad (07/10) menegaskan pentingnya kegiatan mentoring sebagai filter terhadap nilai-nilai negatif dan degradasi moral yang sedang merebak.  Sementara dalam kesempatan terpisah ketua LDK RM, Alan Maulana mengharapkan kegiatan mentoring ini bisa menjadi ajang pembinaan moral dan akhlak mahasiswa di lingkungan Universitas Galuh. Lebih jauh ia memaparkan program-program pendukung untuk menyemarakkan kegiatan mentoring ini. Program yang dimaksud antara lain Grand Opening Mentoring yang menghadirkan trainer nasional Miftah Salahudin, ST. CH. CHt. Program berikutnya Mentoring Day merupakan ajang keakraban antara mentor (pembina) dan peserta mentoring. Program terakhir adalah Mentoring Award  yang merupakan ajang apresiasi kepada para mentor (pembina) dan peserta mentoring  yang aktif mengikuti mentoring.
“Kami ingin memberikan servis yang terbaik untuk  para peserta mentoring,” tegasnya.
Kegiatan mentoring ini memperoleh apresiasi positif dari berbagai pihak. Rektor Universitas Galuh, Prof. Dr. Suherli Kusmana, M.Pd., dalam sambutannya pada acara  pembukaan mentoring, Ahad (07/10) menyatakan dukungan penuh terhadap kegiatan ini. Rektor berjanji untuk ikut serta memberikan hadiah bagi peserta mentoring terbaik. Ia juga menegaskan bahwa sertifikat mentoring adalah salah satu persyaratan untuk mendapatkan beasiswa.
“Saya akan instruksikan kepada Pembantu Rektor III, bahwa salah satu syarat mahasiswa mendapatkan beasiswa adalah memiliki sertifikat mentoring,” terangnya.
Sementara itu beberapa peserta mentoring tampak antusias mengikuti kegiatan. Ai Maya (17) mahasiswa tingkat 1 C Program Studi Pendidikan Akuntasi mengaku senang mengikuti mentoring ini.
“Luar biasa. Semangat!” Ungkapnya berseri-seri.
Hal senada disampaikan Irfan Septi Ananda (17) mahasiswa tingkat 1 A, Prodi Akuntansi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP).
“Semangat sekali, kegiatan ini sangat positif untuk mahasiswa zaman sekarang,” jabarnya.
Irfan Nurdiansyah, mahasiswa tingkat 1 D Prodi Matematika, FKIP, menyatakan kegiatan mentoring sangat bagus dan bermanfaat.
“Dalam mentoring kita bisa saling berdiskusi, bertukar pikiran, dengan sajian ala anak muda yang menarik,” ujarnya.
Pada kesempatan terpisah, Salah satu mentor, Yayan (24) mengharapkan para peserta mentoring dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik.
Semoga saja tujuan mentoring sebagai ajang pembinaan akhlak mahasiswa baru dapat tercapai dengan baik. (Prito Windiarto/Humas Lembaga Dakwah Kampus Raudlatul Muttaqin – Universitas Galuh)***
Peserta Ikhwan tak kalah Semangat

Ikhwan Akuntansi FKIP

Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

2 komentar for Mentoring MK PAI - Ajang Pembinaan Akhlak Mahasiswa Baru

Select Menu