Kabar LDK

Artikel LDK

Catatan eLDeKa

Catatan Murobbi

Katagori Pilihan

galeri LDK

» »Unlabelled » Soal kehidupan


            “soal-soal yang tidak pernah akan anda temukan di meja kuliah/sekolah, soal-soal yang penuh kejutan yaitu soal-soal kehidupan”.
            Layaknya seorang manusia hidup di dunia sebagai makhluk yang selalu bergelut dengan masalah. Karena tugasnya di dunia ini menjadi seorang peminpin yang harus bisa meminpin hidupnya dan memecahkan msalah dalam kepeminpinannya. Kadang seseorang merasa berat dengan masalah-masalah yang dihadapinya kadang pula seseorang merasa masalah-maslahnya terasa ringan bahkan sangat ringan. Inilah masalah ,soal kehidupan yang memiliki jutaan rumus pemecahan masalah.
            Masalah adalah sesuatu yang tidak sesuai dengan kehendak dan keinginan diri.masalah muncul karena diri tidak memahami dengan maslah yang dihadapi. Maka pemecahan soal kehidupan yang pertama adalah memahami masalah yang ada. Seyoganya sebagai seorang muslim kita memahami hakikat masalah itu tiga kemungkinan, masalah itu mungkin ujian, peringatan, atau sikasaan. Semua ini kita ukur dengan seberapa dekatnya kita dengan sang Maha Kuasa dan seberapa kuat keimanan ketaqwaan kita.
            Soal kehidupan tidak memiliki rumus tetap seperti soal matematika. Rumus pemecahan masalahnya berbeda-beda tergantung pada masalah yang dihadapinya. Sebuah pengalaman seseoarang dalam menghadapi masalah sangatlah penting. Maka dikatakan kurang baik seseorang yang tidak menginginkan masalah, atau bahkan mengeluh sampai mencaci masalah, karena sebenarnya perlu diketahui saat masalah datang disanalah kita sedang berlatih memecahkan soal-soal kehidupan dan menemukan rumus-rumus baru pemecahan maslah. Sehingga kita menjadi kaya akan ilmu dan semakin kuat, hebat dalam memecahkan soal-soal kehidupan. Masalah apa pun yang menghadang akan terasa mudah kita atasi.
            “Jemputlah masalah sebelum masalah itu mejemputmu” pepatah ini tidak asing kita dengar, begitulah beberapa ahli psikolog mengungkapkan. Sebenarnya masalah itu bukan sesuatu yang harus kita takuti melainkan seseuatu yang harus kita manfaatkan. Dengan satu masalah kita dapat mengambil ribuan hikmah. Cobalah fikirkan! adakah seseorang mencapai puncak kesuksesan tanpa melalui masalah? Jikalah kita menghadapi  masalah dengan berfikir kemanfaatan dan solusi maka kita akan temukan kemanfaatan besar dari maslah itu serta kemudahan menghadpinya. Tetapi jika kita berfikir masalah itu sesuatu kesialan hidup yang ditakuti maka kita akan memetik masalah tanpa kemanfaatan dan terasa sulit kita pecahkan.
            Sebagai seorang yang beriman sebenarnya Sang Maha kuasa Alloh SWT telah memberikan masalah/ ujian kepada orang-orang yang beriman untuk meningkatkan keimanannya. Apakah kamu mengira bahwa kamu akan masuk syurga, padahal belum datang kepadamu (cobaan) sebagaimana halnya orang-orang terdahulu sebelum kamu? Mereka ditimpa oleh malapetaka dan kesengsaraan, serta digoncangkan (dengan bermacam-macam cobaan) sehingga berkatalah Rasul dan orang-orang yang beriman bersamanya: "Bilakah datangnya pertolongan Allah?" Ingatlah, sesungguhnya pertolongan Allah itu amat dekat. (Al Baqarah:214). Ternyata sugguh besar peranan masalah dalam kehidupan ini Alloh SWT suguhkan kepada kita sebagai jalan untuk memasuki surga indahnya. Dan tidak bermuluk-muluk hanya member masalah Alloh SWT pun menjajikan solusi bagi masalah itu dengan pertolongan-Nya yang sangat dekat. Pertolongan ini diberikan bagi hambanya yang beriman, sabar  dan bertawakal kepada-Nya.



de.jpg

                                                Siti Dede Adawiyah
                                                Fikes/ D III Kebidanan Unigal Ciamis
                                                






Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Select Menu