Kabar LDK

Artikel LDK

Catatan eLDeKa

Catatan Murobbi

Katagori Pilihan

galeri LDK

» »Unlabelled » Akhwat, Please Dech !!

Akhwat, Please Dech !!
Gina Yuliana

Akhwat, sebuah rangkaian hurup yang punya segudang cerita unik dan menggelitik baik yang nampak maupun yang harus digali dulu sebelumnya. Akhwat, mahluk halus yang kadang-kadang bisa berubah bentuk jadi seorang mahluk kasar dan bisa juga jadi speaker aktif ketika kemauannya susah bahkan tak pernah didengar. Akhwat ! ya..akhwat !!
Banyak cerita dari mahluk halus yang satu ini, mau tahu apa saja sih sebenarnya keunikan-keunikan akhwat ? check this out !
Ane punya pengalaman nih ya tentang akhwat yang overdosis sama yang namanya camera, bener-bener ngeselin banget tuh akhwat. Ups afwan ukh, ini hanya memoriam saja J

Ceritanya, disebuah agenda  bertemakan keremajaan ini tak terasa waktu menunjukkan selesainya acara, otomatis panitia yang didominasi akhwat ini buru-buru berlarian (ane fikir mau nyari sapu buat bersih-bersih) eh ternyata bener ambil sapu, tapi setelah sapu ditangan langsung ambil posisi buat foto bareng pemateri (ikhwan). Bener-bener tuh akhwat, ketika peserta yang belum 100% pulang dan masih butuh bantuan panitia buat kepulangan ke daerah masing-masing perihal jalan pulang, transport dll. Ini malah akhwat foto-foto sambil secara nggak sengja menelantarkan peserta yang masih nyisa di ruangan agenda berlangsung. Huuuuhh L
Nah, kalo akhwat yang satu ini overdosis bicarain ikhwan di facebook. Udah tahu ya, yang namanya bicarain orang itu nggak bagus, mending kalo kebaikan tuh orang yang dibicarain, nah ini seringnya malah bicarain gaje-nya si ikhwan A, jail-nya si Ikhwan B de el el. Ntar larinya malah ghibah tuh, kan atid jadi tambah sibuk kalo gitu caranya.
“Eh difikir-fikir si Akh X itu kok suka banget ga jelas gitu ya, coba deh kalo lagi syura ane suka bingung dia itu ngomong apaaa yaa? “

Ya ampuun, yang gitu aja diomongin coba !! kalo sampe si ikhwannya tahu gitu, bisa jadi itu sumber duri-duri ukhuwah, yuk ah mulai pilah-pilah kata dan pembicaraan.

Kalo tadi ngomongin ikhwan, ikhwannya ngga ada tapi kalo akhwat yang satu ini ikhwannya nimbrung komentar juga di fb. Ngga tahu deh, kalo di syura, di masjid atau lagi kajian nih akhwat keliatannya kalem, anggun dan sejuk banget, tapi kalo udah nongkrong di fb, beuuhh “membabi buta” deh kata-katanya.
“Apa sih antum, ane Cuma nanya ke ukh X kok antum malah nyambung-nyambung komentar sih ?”
Biasa aja dong ukh, jangan pake “sih” segala. Pake bahasa yang bijak atau kalo nggak jangan dikomentar lagi aja, biarin aja kalo sekiranya itu tidak mempengaruhi apapun.
“Peace akh, ane Cuma becanda. Ahayy deeuuuuhh J “

Ini apalagi, gubrak banget pas kata “ahayyy deuuh” wew L
Sering nge-tag ikhwan di status fb itu juga kurang baik, mending kalo nulis statusnya yang netral dakwah dan ngga menjurus pada hal-hal privasi dari akhwat atau ikwhan itu sendiri, kalau status tentang pengumuman agenda dakwah itu boleh banget malah ngetag ikhwan sebanyak mungkin, tapi kalau Cuma status nga penting bin galau dan ketika kita nge-tag ikhwan dengan harap dia komentar banyak, duh ! tunggu dulu deh. Emangya stok temen antum yang akhwat ngga ada? Se gaptek itu kah akhwat2 sekitar sehingga dari mereka jarang yang punya akun fb ?
“Nantikanku dibatas waktu, heheh #Judul lagu..----bersama Akh A dan Akh B.”

Diih apa coba maksudnya? Antum fikir mereka ngga gaul apa? Ngga tahu gitu judul lagu “keramat” yang satu itu. Udah ! ngga usah nge-tag status2 gaje ke ikhwan ya, pilih-pilih yang penting dan bermanfaat saja untuk ummat :0
 Nih sama sahabat2 semua ane puny 2 ilustrasi.
(1)   Di kelas ketika sedang semua mahasiswanya take foto buat dokumentasi kelas, seorang akhwat malah ngga mau difoto alasanya gara-gara takut khalwat, dan ngga mau wajahnya terekam foto dengan posisi  berdekatan dan dengan  yang bukan makhram. Tapi pas sorenya, ketika ikhwah minta mau foto bareng buat masukin ke album laptop salah satu kader si akhwat ini langsung pasang aksi, gaya “Ukh chibi” dikeluarkan, meskipun di sekitar itu ada ikhwan yang sama-sama difoto. Alasannya sih, kalo ikhwan tuh rada aman lah, jadi mau pose gimana juga asal bareng sama2 aktivis dakwah ya.. it’s oke .
Ane bingung, ikhwan juga kan sama lelaki, terus kenapa sama temen lelaki sekelasnya ngga mau, tapi pas sama ikhwannya malah banyak gaya ?
(2)   Yang ini kebalikan diatas, kalau lagi ada agenda dakwah pas sesi foto-foto nih akhwat susah banget, kebangetan ! pilihannya Cuma jadi yang motonya saja, katanya takut hijab dalam koridor berposenya tergannggu. Tapi pas di acara non ikhwah di sesi foto-fotonya nih akhwat “gonjreng” banget, segala jurus narsis dikeluarkan, alasannya sih karena kit harus “masuk dunia mereka” masa difoto aja ngga mau, apa kata dunia?

Huuh bingung, harusnya kan gimanapun kondisinya saling jaga hijab saja. Ngga pilih-pilih tpi kudu tetep pake strategi dan syari.
Akhwat juga kadang suka pelit kalau urusan pulsa, difikir pulsa itu Cuma pantes dikeluarin sama ikhwan aja, banyak fenomena akhwat yang males telefon gara-gara pulsanya minim atau memang dasar tuh akhwat pengen gratisan alias pengennya Cuma ditelfon ikhwan.
“Aslm, akh afwan ane ada yang mau dibicarain, bisa telfon?”

Hellloow, siapa yang butuh? Gampang banget ngomong gitu? Siapa tahu tuh ikhwan saking merasa teramanahi kudu nelfon, meskipun sdg ngga ada uang atau sedang kondisi mepet dg pinjam uang dulu lantas si ikhwan telfon tuh akhwat. Duh akhwat kalau bisa kita harus lebih mandiri dong ya, urusan pulsa doang itu kan sepele kalau kita emang bener-bener dipihak yang membutuhkan ikhwan tsb. Jangan sampai mendzalimi ikhwan/ikhwah lain ya.
Yang satu ini nih, bisa bikin teling ane meradang.
Pernah ada satu perkataan akhwat yang aneh banget.
“Ukh antum itu kan sifatnya pendiam ya, kalem dll. Hm…akh X juga sama tuh, kalem, dan setipe lah sama antum, cocok deh kayaknya kalau kalian nikah nanti. “

Duh, guyonan sepele tapi kalau tuh objek guyonan hatinya lagi sensitive atau emang karakternya perasa kan bisa bahaya, bisa jadi sumber VMJ merasa diri setipe dengan ikhwan tsb lantas akhwat pun mulai menyusun proposal deh tanpa mau tahu bagaimana dulu langkah-langkah cermat memilih pasangan. Hm..:()
Tapi seunik apapun akhwat, akhwat ya..akhwat ! itulah sedikit cerita-cerita akhwat yang menggelitik ane, semoga dari hal-hal negative yang dapat mencederai hati dan fikiran kita bisa perbaiki dan kurangi, semoga bermanfaat J
Salam Satu Hati. Divisi HUMAS.  = HUMAS, BERNAS= !!

Prito Windiarto

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Select Menu