Kabar LDK

Artikel LDK

Catatan eLDeKa

Catatan Murobbi

Katagori Pilihan

galeri LDK

» » FSLDK-D II Priangan Timur LDK Raudlatul Muttaqin Diamanahi Menjadi Puskomda 2012-2014


FSLDK-D II Priangan Timur
LDK Raudlatul Muttaqin Diamanahi Menjadi Puskomda 2012-2014
*Prito Windiarto

            Senin pagi (24/12) rombongan anggota Lembaga Dakwah Kampus (LDK) Raudlatul Muttaqin tiba di kampus Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Garut. Setibanya di sana rombongan disambut udara nan sejuk khas perbukitan. Rombongan itu adalah peserta Forum Silaturahim Lembaga Dakwah Kampus Daerah (FSLDK-D) II Priangan Timur. Kegiatan yang dihelat pada senin-selasa (24-25/12) itu dihadiri hampir seratusan peserta perwakilan Lembaga Dakwah Kampus se-Priangan Timur. FSLDK Priangam timur merupakan forum silaturahim antar LDK se-Priangan timur yang meliputi Kabupaten dan Kota Tasikmalaya, Kabupaten Garut, Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. Di wilayah Priangan timur sedikitnya terdapat 17 Lembaga Dakwah Kampus.
            Dalam kegiatan 2 tahunan kali ini hadir perwakilan dari 7 LDK. Dari Kabupaten Garut hadir perwakilan tuan rumah, LDK Attarbiyyah STKIP Garut, kemudian LDK STT Garut, LDK STAIDA, dan LDK STIkes Garut. Dari Kota/Kabupaten Tasikmalaya, LDK KISI Universitas Siliwangi, LDK STMIK DCI. Kabupaten Ciamis diwakili LDK Raudlatul Muttaqin Universitas Galuh.
            Kegiatan FSLDK-D II dimulai dengan pembukaan dan dilanjutkan dengan Stadium General yang menghadirkan pemateri Imam Kamaludin. Tema yang diususng adalah memperkuat jaringan, memperkokoh ukhuwah. Dalam pemaparannya, pemateri menyampaikan urgensi perluasan jaringan, baik intern, maupun ektern LDK.
            “Komunikasi yang baik dengan pihak-pihak terkait, baik di dalam maupun di luar harus digalakan. Ini bagian dari pengembangan sayap dakwah.” tegasnya.
            Selepas Stadium General, kegiatan dilanjutkan Sekolah LDK dengan beberapa sesi dan kelas. Sesi pertama, sekolah LDK perihal kaderisasi. Menghadirkan pembicara Juhana S,Pd. Ia memaparkan pentingnya kaderisasi kader dakwah. Sesi kedua, para peserta dibagi menjadi tiga kelas, kelas pertama membahas mentoring, kelas kedua membahas kemuslimahan dan kelas ketiga membahas perihal syiar dan pelayanan kampus. Bakda Isya sesi ketiga Sekolah LDK diisi materi Media dan Humas. Wahyudin selaku pemateri menyampaikan materi dengan antusias. Ia memaparkan fenomena mencengangkan tentang dampak negatif televisi. Menurutnya, televisi secara langsung maupun tidak telah membentuk karakter seseorang. Jika yang ditonton adalah hal negatif, maka karakter negatiflah yang muncul. Ia juga menekankan pentingnya dakwah lewat media, baik cetak, elektronik, maupun internet. Ia menghimbau kader LDK untuk melek teknologi informasi.
            Hari kedua FSLDK-D II diisi dengan musyawarah FSLDK. Musyawarah itu di antaranya membahas perihal program kerja LDK ke depan. Selain itu juga membahas pergantian Pusat Komunikasi Daerah (Puskomda) dan penentuan tuan rumah FSLDK-D III tahun 2014. Setelah melalui musyawarah yang cukup panjang dan melelahkan akhirnya terpilihlah LDK Raudlatul Muttaqin sebagai Puskomda FSLDK Priangan Timur masa bakti 2012-2014 menggantikan Puskomda lama LDK KISI Universitas Siliwangi. LDK Raudlatul Muttaqin juga diamanahi sebagai tuan rumah FSLDK-D III tahun 2014. Ketua LDK Raudlatul Muttaqin, Alan Maulana mengucapkan terima kasih atas amanah yang diberikan, dan memohon dukungan dari LDK lain se-Priangan Timur agar dapat menjalankan amanat itu dengan baik.
Rombongan anggota LDK Raudlatul Muttaqin kembali ke Ciamis selepas Shalat Magrib. Tiba tiga jam kemudian. Wajah-wajah lelah tampak menghiasi, namun mereka tetap antusias. Dakwah tak mengenal kata usai. Mereka kembali dengan semangat baru. Spirit dakwah dalam dekapan ukhuwah.


#Humas LDK Raudlatul Muttaqin Universitas Galuh, Ciamis.
           

Prito Windiarto

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Select Menu