Kabar LDK

Artikel LDK

Catatan eLDeKa

Catatan Murobbi

Katagori Pilihan

galeri LDK

» » Tawaba yang Luar Biasa


Tawaba yang Luar Biasa

Dalam rangka rekrutmen sekaligus kaderisasi Lembaga Dakwah Kampus Raudlatul Muttaqin mengadakan Tawaba (Taaruf Mahasiswa Baru) pada ahad, (14/10). Bertempat di lapangan basket FKIP Universitas Galuh acara dibuka secara resmi oleh Ketua LDK Alan Maulana. Selepas acara, para peserta yang berjumlah 52 orang melakukan simulasi. Dikomandoi Arif Santoso, para peserta berteriak lantang, penuh semangat. Ketika disebut kata “LDK” peserta menjawab “Dahsyat” dengan tangan mengepal meninju langit. Disusul dengan takbir yang menggema.
Setelah simulasi awal kegiatan  dilanjutkan pada acara inti berupa materi taaruf (perkenalan) para pengurus LDK. Dipandu ketua LDK RM peserta dikenalkan apa itu LDK, Apa kegiatan-kegiatannya.
“Sungguh kami tak mewariskan harta berlimpah pada kalian, kami hanya  mewariskan sekelompok generasi tangguh yang kan lanjutkan perjuangan. Kalianlah generasi tangguh itu. InsyaAllah.” Ungkap  Alan Maulana yang disambut pekik takbir peserta. Beliau lalu memperkenalkan jajaran pengurus mulai dari ketua, sekretaris, bendahara, samapi divisi-divisi yang meliputi : Keputrian, Badan Khusus Mentoring, Kaderisasi, Syiar, Pengembangan Organisasi, dan Humas. Selepas itu masing-masing pengurus memeprkenalkan diri masing-masing.
Kegiatan kemudian dialihkan ke Auditorium. Arif Santoso memandu para peserta untuk mengikuti simulasi dan games. Para peserta diminta untuk berkelompok masing-masing tidak orang. Mereka bemain games “tupai”. Dua orang berdiri dan saling berpegang tangan, mereka diibaratkan  menjadi “Rumah tupai” sementara satu lainnya jongkok diibaratkan “tupai”. Intstruktur memberikan intruksi. Ketika diucapkan kata “kebakaran” maka “tupai-tupai” itu harus berpindah “rumah”. Jika disebutkan kata “gempa bumi” maka “rumah-rumah” lah yang berpindah mencari “tupai”. Jika disebutkan “tsunami”, maka “tupai” berdiri menggantikan satu temannya menjadi “rumah”, dan yang tergantikan menjadi “tupai” dan harus mencari “rumah” baru. Games yang seru. Para pesesta berlarian,  mencari posisi seuai intruksi. Tak jarang terjadi tabrakan antar peserta. Cukup “riweuh” namun menyenangkan.
Games kedua, menyusun puzzle, tiap kelompok terdidri dari 5-6 orang. Masing-masing diberi puzzle terserak bergambar foto pahlawan, mereka berlomba menyelasaikannya secepat mungkin. Setiap kelompok selesai mereka harus memekik takbir sekeras-kerasnya. Beberapa ada yang cepat menyusun, beberapa lainnya tergesa-gesa namun tak cepat selesai. Setelah beberapa waktu, semua puzzle tersusun sempurna.
Instruktur kemudian meminta perwakilan kelompok menyampaikan hikmah dari setiap games.
            “Dari games tupai kita bisa belajar bahwa kita tak mungkin selamanya tinggal di satu tempat. Kita harus move on. Bergerak!” Ungkap seorang peserta.
            “Game tapi mengajarkan kita untuk terus sedia setiap saat. Kita tak pernah tahu apa yang akan terjadi pada diri kita” Kata peserta yang lainnya.
            “Inti dari game tadi menurut saya, kita harus beraksi. Ada saatnya kita bukan sekedar berpikir tapi seharusnya mewujudkannya dalam kerja nyata” simpul Maman nurjaman.
“Kalau game puzzle, kita diajarkan untuk tenang, bekerja cepat namun tetap hati-hati. Selain itu kita juga belajar bahwa setiap orang punya perannya masing-masing dalam dakwah. Tak usah saling serobot, kita cari amanah, bukan menunggu amanah.” Ungkap seorang peserta.
Ternyata games bukan sekedar permainan, namun banyak hikmah dan pelajaran yang bisa dipetik. Acara dilanjut dengan pembacaan ikrar, dipimpin Ketua LDK RM. Semua peserta berjanji untuk membersamai dakwah ini, berjuang bersama menggenapkan kebaikan. Rangkaian acara ditutup dengan makan bersama. Tali ukhuwah terajut erat.
Para peserta mengaku sennag mengikuti acara ini.  Salah satu peserta, Waraswati Oktaviani mengungkapkan pendapatnya,
“Agenda hari ini seru banget,,. mudah-mudahan kedepannya bisa lebih seru lagi. Syukron”
Semoga dengan Tawaba yang luar biasa ini anggota LDK Raudlatul Muttaqin semakin kuat, semakin gigih memperjuangkan kebangkitan islam. Allahu Akbar. Salam  satu hati.

 (PW-Humas LDK RM)


Unknown

We are.., This is a short description in the author block about the author. You edit it by entering text in the "Biographical Info" field in the user admin panel.
«
Next
Newer Post
»
Previous
Older Post

No comments

Leave a Reply

Select Menu